persib bandung

Persib adalah Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung , sebuah salah satu  tim sepak bola Indonesia terbesar yang berdiri pada 14 Maret 1933,
 
info tambahan : klinik , tempat bekam , tempat gurah , tempat pijat di bandung  081313101088 , 085222001976 wa , 081394302222 wa , 081809200777. jl dago pojok no 81 bandung masuk jalan depan hotel sherathon  , jl pungkur no 92 bandung depan pegadaian dekat itc kebon kelapa .
 
 
klub ini  , persib berbasis di Bandung, Jawa Barat. Persib saat ini bermain di Liga Super Indonesia. Julukan mereka adalah Maung Bandung dan Pangeran Biru. Wikipedia
 
 
 
CEOGlenn Sugita (20 Nov 2010–)
Didirikan14 Maret 1933
pemain legendaris persib : Tanpa mengesampingkan yang lain, dari deretan pemain besar yang pernah merintis karier bersama Tim Pangeran Biru, terutama periode 1980 hingga 1990-an, tercatat ada lima pemain yang sering disebut sebagai legenda.
Seperti diketahui, pada kurun waktu itu Persib bisa dibilang mencapai masa jaya karena berhasil menyabet berbagai gelar juara.
Kelima sosok itu adalah Robby Darwis, Djadjang Nurdjaman, Yusuf Bachtiar, Sutiono Lamso, dan Ajat Sudrajat.
7 legenda persib :  Indra Thohir, Dedi Sutendi, Eeng Hermawan, Ajat Sudrajat, Kosasih Baheramsya, Sobur, dan Adeng Hudaya.
25 Pemain Persib Untuk Liga 1 2017
Kiper:
I Made Wirawan, Muhammad Natshir Mahbuby, Imam Arief.
Belakang:
Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Wildansyah, Supardi, Tony Sucipto, Jajang Sukmara, Henhen Herdiana*.
Tengah:
Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Dedi Kusnandar, Gian Zola Nasrullah*, Ahmad Subagja Baasith*, Michael Essien, Raphael Maitimo, Atep, Febri Hariyadi*, Agung Mulyadi*.
Depan:
Sergio van Dijk, Tantan, Shohei Matsunaga, Carlton Cole, Angga Febriyanto*. (*pemain U-23).
Bobotoh adalah sebutan untuk pendukung klub sepak bola Persib Bandung. Nama ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain. Dalam bobotoh ada beberapa kelompok pendukung seperti Viking dan Bomber dan jenis lainnya seperti Bobotoh Oriental, Hooliganisme, Ultras, Casuals. Tapi nama kesatuan mereka tetap Bobotoh sebagai nama suporter Persib Bandung
bobotoh persib , pemain persib , pemain persib 2017 , pemain legendaris persib , 25 Pemain Persib Untuk Liga 1 2017 ,Pemain Persib Untuk Liga 1 2017 , 7 legenda persib, Persib , persib bandung , info persib , persib juara , bandung , persib bandung , maung bandung , pangeran biru , manajer persib pemain persib , penghargaan persib , bobotoh ,

Kelompok dari Bobotoh[sunting | sunting sumber]

Viking Persib Fans Club[sunting | sunting sumber]

Viking Persib Fans Club sudah ada sebelum organisasi dan kelompok suporter klub lain di Indonesia mulai menjamur pada akhir 1990-an, kelompok suporter Persib dengan jumlah anggota resmi terbesar ini sudah mendeklarasikan diri pada 17 Juli 1993.

The Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu)[sunting | sunting sumber]

The Bomber atau Bobotoh Maung Bandung Bersatu mulai dirintis sejak 1997 tak kurang dari dua lusin perkumpulan Bobotoh telah menyatakan sikap untuk berafiliasi dan akhirnya mendeklarasikan Bomber di Hotel SANTIKA Bandung pada tanggal 3 Agustus 2001. Pada tahun 2006 Bomber sempat meleburkan diri bersama Viking Persib Club dan menjadi distrik Viking terbesar dengan nama Viking The Bomberman namun hanya jelang satu tahun pada tahun 2007 Bomber kembali mencoba mandiri dan menjadi organisasi yang independent dengan nama The Bomber.

Jenis dari Bobotoh[sunting | sunting sumber]

Ultras Persib[sunting | sunting sumber]

Kelompok ini tidak pernah berhenti menyanyi mendengungkan yel-yel untuk mendukung maung bandung selama pertandingan berlangsung. Mereka juga rela berdiri sepanjang pertandingan berlangsung, Selain itu pun para mereka paling semangat menyanyikan lagu - lagu di dalam maupun di luar stadion karena hal itu didorong untuk mencari perhatian, bahwa mereka hadir di dalam kerumunan manusia di dalam stadion. Ultras Persib-pun mempunyai beberapa kelompok di dalamnya, dan sekarang digabungkan dengan sebuah nama 'Tifosi Persib'.

Flower City Casuals[sunting | sunting sumber]

Flower City Casual (FCC) yang mengandung arti Casual dari Kota Bandung, merupakan satu dari sekian banyak kelompok suporter Persib yang selalu hadir saat Maung Bandung bertanding di kandang sendiri. Hadir dengan gaya casualnya dan tentu saja didasari kecintaannya terhadap Persib, FCC resmi berdiri pada tahun 2005 yang dipelopori oleh 3 orang pecinta Persib. Karena mempunyai kesamaan hobi dan kecintaan terhadap berbagai hal berbau Inggris atau British, FCC hadir di antara banyak kelompok suporter Persib dan memberikan dukungan positif kepada tim pangeran biru ini. Namun sayangnya kelompol FCC dikabarkan sudah bubar.

Bobotoh Oriental[sunting | sunting sumber]

Bobotoh Oriental merupakan kumpulan bobotoh keturunan etnis Cina. Bobotoh Oriental dengan setia mendukung Persib baik saat Persib sedang di atas maupun sedang terpuruk. Sebagai warga Bandung yang menyukai sepakbola sangatlah wajar jika mengeskpresikannya kepada tim lokal Bandung yakni Persib. Bobotoh Oriental berawal dari sekumpulan anak-anak SMA di salah satu SMA swasta di Bandung yang sangat menyukai Persib. Mengadakan nonton bareng Persib jika Persib bertanding merupakan salah bentuk dukungan Bobotoh Oriental kepada Persib, karena pada saat itu belum berani untuk menonton langsung ke stadion.

Bobotoh Singapore[sunting | sunting sumber]

Bobotoh Singapore merupakan suatu kumpulan bobotoh yang berbasis di Singapura. Berdiri pada 17 Januari 2009. Berawal dari sekumpulan warga Indonesia penggemar Persib yang tinggal di Singapura.

Komentar